Monday, April 14, 2008

Menulis alamat yang benar

"Yang.... alamat lengkapnya gimana sih nulisnya?"

Hmm, sehapal hafalan tetap aja pasti agak bingung dah kalo mo nulis alamat sendiri. Terlebih harus buka google untuk browsing nomor kodepos disini.
Nah dari sekian banyak alamat alamat yang didapat kok ya rata rata menurut gua agak kurang masuk di logika cara nulisnya.

Yang paling sering itu adalah jika alamat rumahnya ada di satu kompleks perumahan.
Contohnya:

Marlon Keintjem
Kompleks Kota Wisata
Jl Topless Blok Bikini 2 No 2
Cibubur Jawa Barat
Kodepos 1234
Indonesia

Ada yang salah dengan alamat itu ? Hmm kelihatan sih enggak yah ?
Oke. Sesuai jabatan dan pengabdian kepada bangsa dan negara... hahahaha
Maksudnya karena terlalu berkecimpung dalam dunia logika maka mari kita decode bagaimana sih yg seharusnya.

Sebelumnya , ada yang tahu kenapa pencantuman negara harus selalu di bagian akhir alamat ?
Jujur aja penulis tidak tahu sebabnya, cuman memakai prinsip logika penulisan program, kita seharusnya sudah bisa memetakan fungsi terkecil terlebih dahulu lalu ke fungsi fungsi global. Tentunya setelah melalui proses analisa dari system analis. Jadi kesimpulannya, penempatan lokasi negara seharusnya memang di bagian akhir. Simple.

Hanya saja, untuk melakukan debug ke lokasi terkecil tentu saja lokasi global dahulu yg akan menjadi pintu masuk pertama kali. Secara pintu rumah harus lebih dahulu dibuka baru pinta kamar kan? Nggak? waaa maling kaw! LOL

Dari asumsi diatas, mari kita decode format penulisan alamat menggunakan proses debug.

  1. Variabel ke 1 = negara
    oke, dapat. negaranya indonesia. done

  2. Variable ke 2 = pembagian wilayah setelah negara , bisa propinsi, bisa negara bagian, atau apa kek. nah nilai dari variabel ini kita dapat yaitu jawa barat. done

  3. Variabel ke 3 = wilayah dibawahnya lagi, bisa kota, kabupaten, atau distrik, atau apa kek disini nilainya adalah bogor

  4. Variabel ke 4 = wilayah dibawahnya lagi, bisa kecamatan atau sebangsanya nilai disini adalah cibubur

  5. Variabel ke 5 = wilayah dibawahnya lagi lagi, bisa kelurahan, desa atau sebangsanya. jikalau wilayah ini sudah cukup populasi untuk mewakili kelurahan atau desa tersebut maka disini bisa langsung ditaruh nama wilayahnya dengan melewatkan nama kelurahan atau desa tersebut nilai disini kita dapat Kota Wisata

  6. Variabel ke 6 = wilayah dibawahnya lagi (pokoke makin tinggi variabel makin mengecil pemetaan wilayhnya berdasar nilai variabel terakhir)
    nah kita dapat nilainya adalah Blok Bikini 2 No 2

    hmmm, sepertinya sampai disini sudah cukup yah? karena nilai "Blok Bikini 2 No 2" sudah berarti rumah yg dituju kan?
    cuman alangkah baiknya jika didepan rumah ada jalan tempat lewat tukang pos, maka sudah tentu keterangan tambahan ini akan sangat berguna.


  7. Variabel 7 = nama jalan nya yg bernilai Jl Topless

Nah selesai sudah. Semua nilai dalam contoh sudah terwakili kan? Anda setuju ? Ohh, rupanya anda seorang yg detail. Yep nomor kodepos belum terwakili. Cuman kok sepertinya saya lupa menempatkannya?

ok. sekarang fungsi nomor kodepos itu sebenarnya mengacu pada pemetaan di bagian mana? negara ? atau setingkat dibawahnya? atau dibawahnya lagi ?
hmm, nebak nebak tembak, perasaan saya mengatakan bahwa kodepos itu mewakili pemetaan daerah satu tingkat dibawah negara. iya nggak? ahhh iyalah
masa ada kodepos 12*** di dua propinsi ? hehehehe . jadi kesimpulannya kodepos seharusnya ditaruh diantara variabel pertama dan kedua. jadinya variable 2 = variabel 2 + kodepos . ok? Deal!

Akhirnya,
sekarang kita balik susunan semua variabel dan kita lihat hasilnya seperti berikut:

Jl Topless
Blok Bikini 2 No 2
Kompleks Kota Wisata
Cibubur Jawa Barat
Kodepos 1234
Indonesia

nah. ini baru oke.
hehehehe, jadi jangan bingung kalo didepan komplek ada nama jelan raya lainnya , karena nama jalan yg seharusnya di cantumkan HANYA lah nama jalan di depan rumah.
Tidak usah pusing jika Kota Wisata ini terletak di Jl Alternatif Cibubur sampe bisa bikin bingung gimana mau nulisnya. Yakin dan teguhkanlah bahwa pak pos pun udah tahu dimana itu kota wisata selama anda menulis semua variabelnya dgn komposisi terakhirnya diatas.

Ok? heheh
gak penting amat kali yee?

3 comments:

Yosefa said...

Kalau nulis alamat di suatu website luar negeri gimana gan?

Unknown said...

seharusnya setelah No ada tanda titik (.)
cth: No. bukan no

Marlon Keintjem said...

setuju :)

No. X

bukan

no X

thanks :)